Sejarah Komputer

KOMPUTER

Sejarah perkembangan Komputer
Komputer berasal dari kata “to compute” yang berarti menghitung, pada awalnya perkembangan komputer memang dimulai dari upaya manusia untuk membuat alat bantu menghitung.
Generasi 1945-1956
Tahun 1941, ilmuwan jerman mengembangkan komputer Z3 untuk kepentingan desain pesawat terbang dan rudal. 1943 Inggris membuat komputer pemecah sandi untuk menerjemahkan sandi pasukan jerman. 1944 peneliti dari Harvard University bekerjasama dg IBM membuat kalkulator elektronik.
Berikutnya, Harvard-IBM mengembangkan Automatic Sequence Controlled Calculator yang disebut Mark I. Berikutnya dikembangkan ENIAC (Electronic Numeric Integrator and Computer), komputer ini terdiri dari 18.000 tabung vacuum, 70.000 resistor dan 5.000.000 titik soldir. ENIAC bekerja 1000x lebih cepat dari Mark I.
Generasi 1956-1963
Penemuan Transistor pada tahun 1948 memberi pengaruh terhadap perkembangan komputer. Tahun 1956 transistor mulai dimanfaatkan dalam pengembangan komputer. Awal 1960 banyak komputer komersial yang sukses digunakan dalam lingkungan bisnis, universitas dan pemerintahan. Disini komputer juga mulai dilengkapi dg komponen printer, disk, memory dan program aplikasi. Dan juga mulai dipakai bahasa assembly untuk menggantikan bahasa mesin. Tahun 1965 semakin banyak kalangan bisnis memanfaatkan komputer, bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN mulai digunakan.
Generasi 1964-1971
Tahun 1958 mulai dikembangkan IC yang berikutnya dimanfaatkan untuk komputer. Juga mulai digunakan Sistem Operasi pada komputer.
Generasi 1971-…
Setelah IC, dikembangkan Large Scale Integration (LSI) yang menampung ratusan komponen dalam satu keping komponen. Kemudian dikembangkan Very Large Scale Integration (VLSI, menampung ribuan komponen), kemudian Ultra Large Scale Integration (ULSI, menampung jutaaan komponen). 1981 IBM mengenalkan Personal Computer (PC) untuk pemakaian pribadi.

Kegunaan komputer sekarang ini sudah sangat luas, dalam semua bidang pekerjaan orang memanfaatkan komputer (PC). Komputer dapat dipahami sbb:
Computer = Suatu mesin yang melakukan tiga hal :
1. menerima input terstruktur
2. memprosesnya sesuai dg hukum-hukum (aturan) yang ditentukan
3. memproduksi hasilnya sbg output.
(komputer dapat dipahami sbg mesin yang berkaitan dengan Input-Process-Output)
Komputer bisa beragam ukuran, bentuk, kemampuan dan aplikasinya.
Dulu komputer diklasifikasikan sbg berikut :
· super-komputer
· mainframe
· supermini-komputer
· minikomputer
· workstation atau mikrokomputer
Bila semuanya dianggap sama (misalnya usia dianggap sama), pengklasifikasian tsb menunjukkan perbandingan kecepatan, kemampuan komputer, ukuran, biaya dan lain-lainnya. Perkembangan komputer sudah sangat pesat, sehingga klasifikasi tersebut tidak sesuai lagi, Mikrokomputer masa kini, mempunyai kemampuan yang sama dg minikomputer keluaran beberapa tahun yang lalu (saat ini produksi PC yang umum dipakai, berorientasi pada pengembangan dari mikrokomputer).

Pada komputer dikenal istilah Bit dan byte untuk menyatakan satuan data.
Bit singkatan dari binary digit; dalam sistem bilangan biner angka berupa 1 dan 0. Pada pemrosesan dan penyimpanan, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fisik diawali oleh suatu pulsa listrik yang disalurkan ke rangkaian atau titik pada disk magnetis yang mampu menyimpan 1 atau 0. Bila dipandang satu persatu, bit mengantarkan informasi yang hampir tidak ada artinya bagi manusia. Akan tetapi dalam kelompok 8, bit membentuk byte, yang dipakai untuk mewakili segala macam informasi pada komputer, termasuk huruf dalam abjad dan digit 0 sampai 9. Jadi dalam proses kerjanya komputer hanya mengenal data angka 0 dan 1, dimana :
angka 1 = on/mati à 5 volt
angka 0 = off/hidup à 0 volt
Selain Biner dalam ilmu komputer juga sering digunakan angka desimal (notasi angka 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9), angka Hexadesimal (notasi 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F)

Unsur komputer secara garis besar ada 2 :
1. Unsur Hardware (perangkat keras) : yaitu semua kompunen elektrik dan elektronik penyusun dari komputer
2. Unsur Software (perangkat lunak/ program) : yaitu serangkaian instruksi yang diberikan pada hardware untuk melakukan tugas tertentu.
Antara Hardware dan Software selalu terkait, jadi komputer tidak akan dapat dipakai dan dimanfaatkan tanpa adanya hardware dan software pada komputer tersebut.




Software
Ada beberapa kategori software :
· Software Sistem operasi :
Sistem operasi (sisop) adalah software yang menjadi “jembatan” antara mesin dg software-software lainnya. Software ini memberikan instruksi langsung kepada hardware untuk melakukan suatu tugas:
a. Sistem operasi internal : adalah sistem operasi yang “tertanam” secara langsung pada suatu modul mesin. Contohnya “BIOS”, BIOS tersimpan dalam ROM.
Keberadaan sistem operasi ini tidak disadari (dirasakan) oleh pemakai, karena sistem operasi ini hanya memuat instruksi-instruksi yang sangat mendasar, yang belum dapat dimanfaatkan langsung oleh pemakai (tetapi instruksi-instruksi tersebut dapat dimanfaatkan oleh “programmer”)
b. Sistem operasi external = sisop yang diberikan sebelum komputer diberi “program aplikasi”. Sistem operasi ini memuat instruksi yang dapat memerintah kepada sis sop internal, keberadaan sisop ini dapat dirasakan oleh pemakai, walaupun belum dapat memberikan kemanfaatan yang luas bagi pemakai untuk memanfaatkan komputer. Contoh sisop ini adalah “DOS” (Disk Operating System). Pada komputer yang sudah diberi DOS pemakai dapat memanfaatkan komputer, walaupun belum secara luas, misalnya dg memberikan perintah “DIR”, untuk melihat isi dari suatu media penyimpan. Jadi sisop ibaratnya adalah “pondasi rumah”.
· Software (program) aplikasi : adalah software yang membantu pemakai untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Contoh software aplikasi :
v Software word processing, misalnya WORDSTAR, Microsoft WORD, dll. Software ini membantu pemakai untuk melakukan tugas-tugas pengetikan (komputer sbg pengganti mesin ketik).
v Software kalkulasi, misalnya LOTUS, Microsoft EXCEL. Software ini membantu pemakai untuk melakukan tugas-tugas perhitungan, baik untuk bidang ekonomi ataupun bidang teknis (komputer sbg pengganti kalkulator)
v Software design grafis, misalnya : CorelDraw. Software ini membantu pemakai untuk menggambar dan melukis(komputer sbg pengganti kertas gambar, pensil dan cat air).
· Software (program) utility : software yang berfungsi untuk “membantu” pemakaian/pemanfaatan serta perawatan perangkat-perangkat komputer, jadi ada beberapa macam fungsi, misalnya :
o Utility untuk management (pengelolaan) file/data, misalnya : Norton Commander
o Utility untuk perawatan media, misalnya : scandisk, Norton Disk doktor
o Utility pendeteksi kerusakan, misalnya : norton diagnostic
o Utility game & multimedia, misalnya : WinAmp, PowerVCD. Software ini memungkinkan pemakai untuk mendapat sarana hiburan (komputer sbg pengganti sarana hiburan yang ada : radio, tape, TV, VCD, dll)
· Software khusus = software-software diatas adalah bersifat umum (bisa dimanfaatkan dan dipakai oleh semua orang secara umum) tapi untuk keperluan khusus harus ada software khusus juga, contoh kasus : Pada suatu bank, untuk menyelesaikan masalah pembukuan para nasabah diperlukan program aplikasi khusus (tidak cukup hanya dengan program aplikasi umum seperti Lotus, Excel saja).

Komentar

Anonim mengatakan…
Tulisannya ada yang nggak rapi
Anonim mengatakan…
penulisannya agak kurang masih meninggalkan beberapa kode pemrosesan di banyak tempat
Anonim mengatakan…
tolong jelaskan lebih jelas lagi tentang perbedaan bit dan byte!
Anonim mengatakan…
garing bgt..
kayak pelajaran sejarah..
n' kurang singkat!!
Anonim mengatakan…
biaZzza ae . .
9k mnarik . .
wkwk.. ^^
Anonim mengatakan…
1)Kurang menyebutkan atau memperinci tokoh-tokoh yg ikut andil dalam penemuan komputer.
2)Dalam macam-macam software belum disebutkan program microsoft power paint,padahal program ini kian hari semakin populer.
3)mungkin Pak Sapta bisa menerangkan tentang program "Auto Cat"
thUNk's
Anonim mengatakan…
kuRang iNteReztt gtwUuu.....
Unknown mengatakan…
..sudah bagus,,hanya kurang lengkap sajjah..

..softwarena blumh begitu dsebutkan power pointna..

..peneranganna udah jelas,,cumag kalok bisa djelaskan lagee iang lebih terperinci
Anonim mengatakan…
BeeUdh....

Aq BLm BaCa...

"KpaN2 Aj Bru TaK BaCa..."
Anonim mengatakan…
biasa wae iq
Anonim mengatakan…
biasa wae iq
Anonim mengatakan…
belum baca...

baru baca bentar terus pusink...

hHe..

~.^
Anonim mengatakan…
OK laaaah....wat tambah-tambah pengetahuan....ehm but lebih OK lagi lok penulisan'a agak lebih rapi coal'a agak awu8t-awutan....,
oCre?? :p
SMAGA manx JAYA
-->PALASMAGAAAAAA.....
-->PALASMAGAAAAAA.....

-->JAYAAAAAAAA.....?!!
^-^ hihiihiii.....
Anonim mengatakan…
kuRang menaRikxx,,,

dbwad lbh menarik lge biaR pda semaNGad baca,,,
Anonim mengatakan…
kuerent ug ..

uda lengkap ..

tambah hiasan eaa ..
Anonim mengatakan…
weeeeeeeleeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhh





males moco pak.......
kakean,biasa pak wong indonesia emg do malessssssss..........hagagagagaga
Anonim mengatakan…
disave d folder aja dh...mles bca. xP
Anonim mengatakan…
Menurut saya cukup baik !

Kalau bisa tingkatkan lagi&lebih kreatif aja yah................
Anonim mengatakan…
izy'na udha bagoesss... bUTt Layout'na KuraN9 mnareek.,,,.,
Anonim mengatakan…
lUmAy@N SisTEMatiS.....
Tp - mENariK BuAT DIbacA.....
- fAriaSi.....
Tq.....
Anonim mengatakan…
Wueelek banget bos . Nggilani
Anonim mengatakan…
oK bgt pokoKnYa. .


MoGa tekhnoLogInYa TaMbah MaJu. .

CiiiiPPzZZZ. .
Anonim mengatakan…
bagus.......................




pak brata emang siiiiiiiiip dah..........!!!!!!!!!!
Anonim mengatakan…
tulisannya cuilik2,aq kan rabun siang,en kurang berwarna gitoe
Anonim mengatakan…
uelek banget, rak mutu
Anonim mengatakan…
bagusbagus
bagusbagus
bagusbagus
bagusbagus
bagusbagus
bagusbagus
bagusbagus
bagusbagus
Anonim mengatakan…
bagus og pak...
ya walaupun ada beberapa kekurangan.........
HEHEHEHE
Anonim mengatakan…
isinya dah lumayan pak,tingkatkan..
SMAga JAYA !!!
Anonim mengatakan…
trcrah ajj,,,

Q yg pnting manuuuuut ja,,,


tp jgn boong ma sjarahnya
Anonim mengatakan…
tulisanipun terlalu wuakeh males macane, jaman merdeka kaya ngene uri pengen kepenak dadi kabeh males
Anonim mengatakan…
uwda bgus, ,
tp da be"rpa yg gak bgtu rpi. .
tyus lbih di lgkpin lgy. .
ipzz de!!!
Anonim mengatakan…
biaza ae ahh...
kRang mEnarik,..

x9 bCa jD boSen..^_^
Anonim mengatakan…
ckckckckckck.....
Tulisanya kurang makNus,orang jadi males baca...
Hhe,,,
Anonim mengatakan…
adUuhhhhhhh...............
dWawa beUtZz siEeeeee........
jd mLz dEch
Ywd,,,kPn" Zaw yAw bC_ne cOz Qw
ghe CiebUcX niE mW ShOotinG dLw
OcXhEy
9Pp...thOuw!!!
Anonim mengatakan…
kurang meriah bOOOZ
Anonim mengatakan…
OK........

Trcrah ajj,,,

tp sjarahnya gak boong tow!!!!!!!
Anonim mengatakan…
mErDeKA!!!!!
MerDEka!!!!!
63 Th InDoneSiaQ,...
50 Th SmaGAq,....
15 Th UmuRQ,,....
meRdeka!!!!!!
mAri pHogo2 together,....
Anonim mengatakan…
isinya MANTAP pak...
dah bagus bgddd....
X-5 jaya !!!
Smaga jaya !!!
Anonim mengatakan…
lawan kemiskinan!!!!!
jangan menyerah lawan kemiskinan!!!
dan lawan kemiskinan!!!
Anonim mengatakan…
"INNAMA MA ASSOBIRIN"

bERSAbARLah kamu waHai manusia. .


___ - - - ___ - - - ___ - - - ___
Anonim mengatakan…
mah eRvan MoCo ? ? ?
Anonim mengatakan…
huuh...banyak bagEtZ...bacaanNya yA....
Tpe dAh BaGoEezt kUk pAk...
cMa tuLisannYa Zaa kRanG meNarik...
AnD tuLisanNya kRanG beSar..Lo bSa dipeRbaiki lGe...ByaR LeBih meNarik zaa yaa...
Btw PenGetahuanNya dah ckup BaGoEzt cma teRlalu banyak...
ToloNg di bWatTin riNgkasanNya za...
Anonim mengatakan…
wee...kecape kecap Cap kEcAp lee,... yo....
Anonim mengatakan…
Komen ku hampir sama kayank yang ngirim-ngirim sebelumnya...... masukan, tolong dikasih gambar n kata-katanya lebih menarik buat dibaca....
Anonim mengatakan…
Klo Bsa dringkas lgi az coz mnurtQ terllu bnyak gt,Jd kn yen mw bca jd agk mlez cz bnyak bgt...
kl drngks kn jd enk,sngkt,pdat,jlas,mdah dphami....
Anonim mengatakan…
bagus..............
tp kurng menarik tulisannya krn kurang ad sentuhan warna..
agar terliat mnarik!
Anonim mengatakan…
Saya suka dengan cara belajar bapak yg santai. tp terkadang bapak terlalu cepat jd saya kurang mengerti!!!

N blog bapak bagus tapi membosankan(maaf ya pak)krn smuanya tulisan...............!!! kalo boleh usul seharusnya d kasih gambar/animasi biar gak boring pak
Anonim mengatakan…
ehm, pak, model pembelajarannya sih bagus-bagus aja..
tapi kalau keseringan kayak gini sama aja donk kita(guru dan murid) akan sering bolos..

satu lagi..
tulisan blog nya kecil bgt.
jadi mbacanya agak bigung.

terima kasih.
Anonim mengatakan…
baguuss.. tapi kurang rinci, tolong jelasin lagi apa itu IC, dsb.. cz qu lumb mudeng.. hahahaaaa..
Anonim mengatakan…
sya snang sekali plajaran TIK, dan saya bru pertama diajar model plajaran kyak gni .... kyakY asik... tpi gag taw ya.... sya akan mengikuti plajaran yg kan bpk progamkan....

komentar saya ttg sjarah komputer ckup bgus dan mernambah pengetahuan saya........
doctorbee mengatakan…
untuk ukuran yg blom faham soal kompi, artikel tsb agk sulit........
wekZ mengatakan…
gimanaya aku bingung gak ngerti bahasanya kurang menarik ama tulisannya ukuran terlalu kecil menambah rasa malas membaca bahasa jangan kaku kaku agak gaul juga ga papa di sesuaikan dengan orng yg membaca
Anonim mengatakan…
Sbnrnya sudah cukup baik,tp kurang menarik utk dibaca krn bentuk tulisan yg kurang rapi n tidak menunjukkan poin2 yg penting.....
Kio bs lbh ditingkatkan.
Anonim mengatakan…
pembelajarannya bagus koq pak. . tpi blognya tidak menarik sama sekli (maaf ya pak. . )
tidak tau sayaaa. .
sudahlah itu komentar sayaa. .cukup sekian terima kasih. .
Anonim mengatakan…
mm , ,
mnrut saia . layout'nn kurang menarik , ,
mngkin bsa diperbaiki lagi . supaya terlihat lebih menarik dan fresh , ,
selain itt . tmbahkan jg gambar" agar pembaca tdag merasa bosan , ,
saran yg lain . mngkin bapak bisa memberi warna pada tulisan" bapak , ,
agar pembaca dapat menikmati tulisan bapak , ,
thank you , ,
doctorbee mengatakan…
mungkin perlu d'ksih gambar ato penjelasan yg lbih mdah. tampilan utamax prelu di modif agar enak d'baca.......
Anonim mengatakan…
baguuss kug pak.!!

tpii kurang kerendzz.!!

Hhe...*
Anonim mengatakan…
menurut saaya
wis apik pak tapi klo saya tidak salah
masih ada yang kurang lengkap
tapi wis ciiiiiiiiiiiiiip
pak
Anonim mengatakan…
Zzzzzaaaaa..........
HWelleh-HWelleh,;;,,,,;;;;
mUmmeDz aQ pAk!!!!!!
rA' mUdEnggggg;;bIngung.,,,
"bIngung,bIngung,,,cAh SMAGA bIngung"
Anonim mengatakan…
baguss sii iyaa...tpii kurang bwarnaa...

buwatt lbiih lagii....
Anonim mengatakan…
pak, tampilannya yg keren dunkz,,
jgn monotone, jd g seru d,,
Anonim mengatakan…
Ehm...gmn ya??
menurut ku dah lumayan bagus sich tp terlalu banyak..so bikin puyeng..hehehe
Anonim mengatakan…
sudah bagus koq pak. cuma kurang rame jadi yang mau baca kadang2 malez. kalau bisa ditambah gambar2 gitchu'n font hurufna digedein. thanks
Anonim mengatakan…
cengoHHH kyo tukuLLLL . . . .
Anonim mengatakan…
Menurut saya ........dach cukup lumayan OK.Tolong,agak diperjelas aja dengan memberi blok pada hal-hal yang penting,juga dikasih gambar supaya menarik.
Anonim mengatakan…
Artikel nya menarik, tapi kurang variasi gambar nya pak, biar tambah bagus
Anonim mengatakan…
Agak rumit kata-katanya,

tapi perfect bged materinya,

caiyooo........!!
Anonim mengatakan…
Ide yang bagus banget buat proses pembelajaran....
lumayan untuk menghilangkan bosan di sekolah..
Tapi tolong donk, ditambah gambar dan background warnanya dibuat lebih colourfull..
Supaya kita yang buka blog ini juga lebih semangat untuk membaca....
Gitu aja deh,,,
Tuhan memberkati..
Anonim mengatakan…
Bacaannya terlalu banyak, lebih baik diringkas yang penting-penting saja agar mudah mengerti dan tidak lama membaca
Anonim mengatakan…
dikasih b'grund kek!!biyar tambah semangat baca geeetuch!!!
oiyyyyyya pak Brat...kalo ngajar jangan sering2 bilang yang tabu2 dunk,gak enak didenger neee......
uuukzzzz???OSH!!!
Anonim mengatakan…
Bagus. . . bagus. . . tapi lebih bagus lagi kalo tulisannya jangan banyak-banyak karena bacanya susah. . .
Anonim mengatakan…
Kalimatnya ada yang ga' dimengerti. Terlalu banyak tulisan,paragraf. Mending dipersingkat aja coz biasanya kalo oranx dag ngeliat tulisan yang panjang gitu apalagi ga menarik jadi malez ngebaca. Ditambah background yang bagus mungkin bisa menambah daya tarik dan minat baca. ^_^
Anonim mengatakan…
infonya dah cukup lengkap tapi tampilannya kurang menarik dan kurang rapi
Anonim mengatakan…
pak, aku bok jo di kecrohi terus.
webnya wis apik ra bingungi.
Anonim mengatakan…
enax nek d buat gni tp bok ya d buat lbih menarik, di kci apa gt biar ga bosen bacanya.. . saya krg jelas pelajarane . . . . .
Anonim mengatakan…
Canggih siy pak......
Tapi,,,,
Kq aku males y pak???
MAtaku lagi bad mood pak....
^^
Anonim mengatakan…
tulisannya agak ruwet pak pemilihan katanya it agak ga nyambung
Anonim mengatakan…
asik jugga, pak. ngenet sambil belajar.
tapii lebih bagus lagii kalu ada warnanya ..
dan makin singkat, makin bagus .
Anonim mengatakan…
Corri yach...
Aq td cm lwat dowank...
Abis banyk bget cih..
g da something2 yg menark gt...
Anonim mengatakan…
panjelasannya kepanjangan dan kebanyakan,
jadi males baca semuanya.
PI JAYA !!!!!!
PI JAYA!!!!!!!
PI JAYA !!!!!!
Anonim mengatakan…
Tolong tambahi apa adja yang enak diliat biar lbh mnarik


wkwkwk
Anonim mengatakan…
hRsnYa pemBelajaRanya jgn disuruh mbaca krEna pasti bNyak yNg ngga`baca mending langsung di terangkan point2nya...
Tapi bagus jdi tMbaH pengetahuan walau ada yG ngga` dibaca seeehhh.....
Anonim mengatakan…
Artikelnya udah bagus,,
sebelumnya saya minta maaf,tapi menurut saya pembelajarannya jangan seperti ini karena kurang mengena.
banyak anak2 yang tidak membaca secara keseluruhan karena artikelnya panjang.
mendingan bapak langsung menerangkan point2nya saja.
insyaallah itu akan lebih mudah dimengerti.
trimakasih
Andien...buangetz lagi! mengatakan…
Tulisannya buat artikel Sejarah Komputer koq kecil-kecil banget yah?
Gue yang baca ampe jereng nech, Pak. Jangan-jangan sampeyan sendiri nggak bisa mbedain gede sama kecil. Hahahaha!!!!
Materinya lengkap, nyaris nggak ada 'cacat' yang keliatan. Tapi gue ngeliat 'cacat' itu, dari segi penulisan dan pemilihan katanya. Truz bedanya bit sama byte nggak jelas pula. Jadi gue agak lola (loadingnya lama.Hehehehe
Peace!!!
Anonim mengatakan…
Cara belajar yang berbasis teknologi seperti ini sangat bagus karena melatih siswa untuk belajar mandiri tanpa guru....Jadi siswa nggak usah nunggu di jelaskan guru........
materinya bagus...............
P41m1N mengatakan…
Pak Brata guru laen juga diwarahi carane gawe blog...
hmmmmm.....


pak makasih tugasnya


cuma kasi komentar
klo gitu saya dah selese

hehehe.....
Go SMAGA mengatakan…
pak sejarahnya terlalu rumit susah dimengerti.bahasanya gak nyantol........be calm sir!!!!!!
hardwarenya sama uga akan lebih baik kalau lay outnya di permanis di beri warna dan gambar yang sesuai dengan topik.........tapi hanya komentar ya pak!kalau da salah kata,saya mohon maaf.
iqbal x-sbi2-17 mengatakan…
Ooooh....
ternyata gitu tho sejarahnya komputer!
bell __ x sbi 2 __ 05 mengatakan…
pak, kok sejarah komputer yang ada di blognya pak brata berbeda dengan yang diberikan guru TIK saya di smp ya pak?
maulyna x-sbi2 mengatakan…
lumayan lahh. sudah agak tau dikit ttg sjrah komputer...
andika(sbi2)sHOOTEr mengatakan…
hehe kalau boleh jujur masih banyak kekurangan dari sejarah komputer di artikel. tapi sudah cukup bagus. excelent
Tugas.
Komentar tentang artikel "Sejarah komputer"

1)Menurut sya sudah,baik.Namun sya belum menemukan nama-nama tokoh yang terlibat dalam sejarah komputer tersebut.Sebetulnya itu tidak begitu penting,namun alangkah lebih baik bila nama-nama tersebut turut disertakan.

2)Informasi yangdiberikan juga kurang detail, sehingga orang awam yang membacanya akan sedikit kebingungan saat mencoba memahami artikel tersebut.

3)Format font dan lay out disekitar artikel juga terkesan standart sehingga orang yang membacanya akan cepat bosan saat membacanya.

4)Pada artikel tersebut saya menemukan pula sejarah soft warte,namun tidak disertakan sejarah hardware.Lebih baik diturut sertakan, agar lebih lengkap dan praktis.

5)kesimpulanya,Artikel sejarah komputer oleh bp.sapta ini sudah bagus dan baik, namun memang masih ada beberapa kekurangan.

Sekian komentar saya untuk artikel sejrah komputer ini.Trimakasiii..
NKY mengatakan…
nuke X SBI 2

wew..sekarang ak bs tau tentang sejarah komputer...oia pak, kalau bisa layoutnya dibuat yang menarik ya..biar kita ga ngerasa bosan klo lagi baca blog...
pak?!


tulisannya digedhein pak
g keliatan
sejarahnya terlalu lengkap
hemh, apa g bisa dikurangin gitu pak


dapet bocoran sejarah dari mana pak?????hayooooou
tapi bagus pak

hehe.
jujur pak belum tak baca
ampun pak jangan dimarahi yha



ckakakak
galuh x-sbi2 mengatakan…
browsing bahannya dari mn nich???mw dunkkkk....thx
comentarqqqqq mengatakan…
Bagus kok pak! lebih bagus kloe dikasih gambar jadi bacanya biar gak bosen!
Anonim mengatakan…
Faisal ISS 2

ngene pakk. . . .


komentar ku pak . .
gni . . .ni blogs dah bgus kuq pak . . .tenagng saja . . .


NB: RUANGANE KOMPUTER PANAS PAKK . . .TOLONG D BERI KE DINGINAN YANG CUKUP . .SUPAYA SISWA NYAMAN . . .
THANKSS. . .
Anonim mengatakan…
lumayan pak nambah pengetahuan, tapi rada wagu pak soalnya tulisanne kekecilan,mboseni gak ada gambar, layoutnya kurang menarik sama kepanjangen bikin males baca. jujur aja belum baca pak. hehehe
Anonim mengatakan…
bagus tapi masi ada yang kurang,
jelek tapi banyak juga yg bagusnya.

-------'''''---------''''''------

kalo maoo lebih banyak yang mbaca blog ini, lbih baek buat yang lbih colorful n pictureful.keyhh???


-------++++++---------+++++++------

berjuanglah!!!!!!
m4gma_sm4g4 mengatakan…
Lena_SBI 2
Kemajuan komputer saat ini memang luar biasa,banyak pengaruh yang ditimbulkan oleh komputer.tentunya pengaruh positif yang paling saya rasakan. dengan kemajuan komputer saat ini bener2 bikin hidupku makin nyaman dan nikmat....wkwkwkwkwkw..
SMAGA JAIYA!!!
rInA X-SBI-2 mengatakan…
Sudah bagus...

Lebih baik diperbanyak pengetahuan tentang komputer, tampilan dibuat lebih menarik agar pembaca tidak mudah bosan.....
Anonim mengatakan…
emmm..
tuLisanE pJg bGd pak jd g semangat bwt bc,,
sbnRe pJg gPp, tp mbox ya tuLisane itu dKzh font yg Lucu" gt aTo waRnane yg colorfuL jd enaX dbaca,,
kLo mw ngajar Lewat inteRnet, ta duKung bGd pak biaR g' kaLah ma skuL maju yg LaEn,, kaya' skuLnya ciNta LauRa kiehL tu lho,,
Qt kudu bukTiin kLo soLo tu jg maJu,,
n' misaLe ngaJar lewat internet, kn tar jd pNy aLesan bwt k'waRnet,,
he he he . , n_n
Anonim mengatakan…
blm baca udh pusiinngg . . . .





tlsnnya d bsrin dunk . . .
Anonim mengatakan…
APa Yw?!

eeehhmm......

qW biN9uN9 bN9t,, tLsNx dH XiLauIN mtA n KCiiiiL2 L9i.

tPiiii,, OCHe LaHHhhhhh!!!!!
Anonim mengatakan…
Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran sangat bagus karena mengikuti perkembangan teknologi.
Anonim mengatakan…
ndak ada coment,,,,
ngajarnya dah bagus koq....
Anonim mengatakan…
ngajArNya jGn cpEt2,,pAk!!
Anonim mengatakan…
pak, menurutQw lbih baik blog'nya
d ksh bberapa animasi atow gmbar2 getouw , biar kesan'nya lbih hidup & lbih menarik , , ,
n_n
tHaNk,S , , !
Anonim mengatakan…
klo mengajar jangan cepat2 pak...!
Anonim mengatakan…
Pak,blognya warnanya jangan pink.Lebih baik pilih warna yang lebih lelaki,seperti hitam,biru,abu-abu,atau yang paling bagus warna pelangi.
Thank you so much.By Afgan X.1.Maaf ya pak jangan tersinggung.
Anonim mengatakan…
tulisana jangan kecil-kecil ya pak nanti merusak mata lo . .
hehe . . .
terus lay outna jangan pink dong !
Anonim mengatakan…
Wah pak,klo materinya seh lumayan rapi n terarah.......

Tapi yo jgn sindir - sindir aq terus now!!!!
Wokkeyyyy,gt ja
Thankz
Anonim mengatakan…
materinya cukup menarik, tapi kalo dibaca di skul lewat komputer y membuat mataq sakit pak!!!!!!!!!!!!!!!jadi ya kalau mau memberi tugas tolong memberitahukan kepada murid sehingga dapat mencari bahannya terlebih dahulu. jadi mata anak juga penting !Lain kali jika ada waktu diberi gambar supaya lebih menarik. Kadang anak lebih menyerap gambar dari pada tulisan........So, tolong dipertimbangkan lagi komentarku ini yah pak!!!!!! klo ada salah tolong di maapkan m(_ _)m
Anonim mengatakan…
yahhh....tulicanna kurang besar,ya udah lengkap sih,tapi dengan tulisan yang se pnjg itu membuat si pembacaca cpt bosen. sbnrnya isinya bagus ya cuma itu memanjang ke bawah yg bikin bosen.... thanks
Anonim mengatakan…
ehmmm..
GmN yaW??????
jU2R,QyoM baca,,cZ mualezZ bgD....
CoaLna tuLicanE ke2ciLan n bikIn bOsen atjA...
But daH LumayaN Lahhh. . .

GitcHu atja Dech...
Txh Pak 2gazNa^_^
Anonim mengatakan…
membaca blog ini membuat lelah, kurang singkat dan padat, monoton, mohon segera dibuat yg lebih menarik
Anonim mengatakan…
WuApiCk yoooooooow. . . . .



tp biar lbh baek backgrounny jgn kembang2, marai muntab

gnti photoq aj. . . . .
occey???

hah . . . hah. . . .hah. . . .
wkwkwkwkwkwkwk
Anonim mengatakan…
ISI MATERINYA SICH BAGUZ TP BKIN PUSING COZ TULISANNYA KECIL-KECIL BGT . N AGAK DIPERSINGKAT YA PAK...
Anonim mengatakan…
ISI MATERINYA SICH BAGUZ TP BKIN PUSING COZ TULISANNYA KECIL-KECIL BGT . N AGAK DIPERSINGKAT YA PAK...
Anonim mengatakan…
PAK BRATA KLU Ngajar jangan pilih kasih,klu ngasih tugas jgn banyak2 .
Anonim mengatakan…
op0oh..!!!!!! ]:p
Pak, kurang fulkaler.!!


oya pag,kata mamah blog2an = gank2an.Dan genk2an tu dilarang agama....







HHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA..... :D
Anonim mengatakan…
kENApa kOK sEJarAH koMPutER Di IndoNEsiA MaLAh tIdak dIJeLASkaN??????????
Anonim mengatakan…
isinya bagus tapi tulisannya lebih diperindah
Anonim mengatakan…
K'lo bisa komputernya diganti wndows xp dan proccesornya , lab. komputer koq panas bgt to!!!
ac-nya gak kerasa , mohon diperhatikan !



Sekian dari saya!!
thank's
Anonim mengatakan…
BAGUZ NYA BAGUZ ,
TP JAN KCIL-KCIL TULISANNYA N JAN PANJANG-PANJANG N WARNANYA JGN PINK DUNX PAK ,,,,
Anonim mengatakan…
nnnnnnnoooooooooooo
ccoooooommmmmeeeeeennnnnntttttt!!!!!!!!!!!


sukses bwt P.BraTa!!!!!!
n sUkses bwT sMaGaa!!!!!!



S M A G A J A I Y A ! ! ! ! ! !




NB : pAk mboK jn9n kciH tuGas bnyAk2 . . .



cUkup seKian tErimA kaSih

G B U A L L
Anonim mengatakan…
test . test . aku kirim kq gag masuk ??
Anonim mengatakan…
ok sie pak , ,
tapi tulisannya keciiil bgd , ,
jadinya susah dech buat dibaca , ,
, tapi isinya udag the best kug ,
pokoknya baguuuusss !!!!
Anonim mengatakan…
sak-sake!!!

dari okke_x2
;-)
Anonim mengatakan…
pak . . .sbenere dah bgus . . .
bgs bgt . . . . .




tp biar lbh bguz. . . . . . .





backgroundny gnti . . . . . .







klo bsa gnti potony klas X2. . . . . . . .







stujuh plend????






X2 jaia



X2 jaia







cory klo kakean komentr n kakean ngonmong











1 klimat salahe mbaca komenq

;)
Anonim mengatakan…
sUmUk bGt . . . .
mboK rUangaNnya dikAcih AC pAk ! !

tyUz cOmp.nyA digAnti pEntiUm 4 n wiNdows XP

SMAGA JAIA ! ! !

PAK BRATA JUGA JAIA ! ! !

X2 JAIA ! ! !

GILANK JAIA ! ! !

GBU ALL
Anonim mengatakan…
labb komputer waghu bgeddd . . .



koyo gudang rummah skid . . . .



so HOT . ac Ne opo kuii??



internet LEMOD komputer JADUL . hhhhuuuuu SMAGA kudu kerenn nho . .
smaga og kaiag gnii . .
APA KATA DUNIA ???? whhhahaha
Anonim mengatakan…
tulisannYa lBih gDE DunK !!! ByAR jLas...
Anonim mengatakan…
Lumayan siy. . .
kepanjangan pak. . .
warna dekorna oche jga tuch. .


cia you wat brtasmaga

SMAGA JAYA. . .
Anonim mengatakan…
dorLumayan siy. . .
kepanjangan pak. . .
warna dekorna oche jga tuch. .


cia you wat brtasmaga

SMAGA JAYA. . .
Anonim mengatakan…
badalaa pakk ...

marai eddan ... pdhl ak wiss eddan ...

bingung pakk .. manudd wae lahh ..

komp e dganti pakk ,, lemott !!

ac ne dinyalain pakk ,, panass !!

pakk brata ,, topp !
Anonim mengatakan…
robEr"TiNo" giLaNk vAn hoUtEn / X2 / 19


dasar ra mutu.....robEr"TiNo" giLaNk vAn hoUtEn / X2 / 19
wagu...kirim kumen kug ra nyambunk kaya ngono....

....."robEr"TiNo" giLaNk vAn hoUtEn / X2 / 19 berkata...

sUmUk bGt . . . .
mboK rUangaNnya dikAcih AC pAk ! !

tyUz cOmp.nyA digAnti pEntiUm 4 n wiNdows XP

SMAGA JAIA ! ! !

PAK BRATA JUGA JAIA ! ! !

X2 JAIA ! ! !

GILANK JAIA ! ! !

GBU ALL".......

kue ultahe mbok bagi sopo wae....

Postingan populer dari blog ini

Hardware